0857-4321-0235 info@spiritgarment.com

Baju Olahraga Korea dengan Karakteristik Unik

Di setiap negara memiliki jenis pakaian yang bisa jadi berbeda-beda satu dengan lainnya. Salah satunya adalah baju olahraga Korea. Kaos yang digunakan oleh para murid di negeri gingseng itu mempunyai karakteristik tersendiri.

Baju Olahraga Korea

Beberapa Ciri dari Baju Olahraga Korea

Apakah Anda mengerti ciri-ciri baju olahraga Korea saat ini ? Jika belum, yuk simak uraian di bawah ini:

1. Modelnya Sangat Trendy

Berbicara soal fashion, memang Korea menjadi salah satu kiblat beberapa negara. Tidak terkecuali pakaian yang digunakan untuk aktifitas berolahraga. Ciri khas pertama adalah sifatnya yang mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat meninggalkan kesan gaul.

Jangan heran jika pakaian yang digunakan tidak ada yang norak. Apalagi dipadukan dengan kulit orang Korea yang sangat cerah, hasilnya pun semakin enak dipandang. Bahkan, banyak merk yang bersaing untuk memproduksi kaos olahraga terbaik.

2. Memiliki Perpaduan Warna yang Cocok

Beberapa orang akan setuju jika pakaian olahraga negara ini memang memiliki kombinasi warna yang bagus. Seluruh warna bisa digunakan baik untuk bagian kaos, celana ataupun rok. Bahkan, ada juga yang menambahkan motif di dalamnya agar tidak terlihat membosankan.

Sentuhan warna yang cerah dan lembut begitu mendominasi diproduksi kaos ini. Mulai dari pink, magenta, merah mudah maupun hijau. Tetapi ada pula yang masih menggunakan putih dan hitam sebagai bahan untuk bagian celana olahraga.

3. Dibuat Sesuai dengan Ukuran Badan

Jika diperhatikan dengan detail, maka kaos olahraga di negara ini sengaja dibuat pas di tubuh pengguna (tidak kebesaran maupun kekecilan). Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri, agar ketika beraktifitas bisa bergerak dengan bebas tanpa ada gangguan.

Sehingga gaya fashion yang ditampilkan bisa terlihat elegan dan menarik. Meskipun ada pula pakaian yang berukuran lebih longgar, tetapi memang dikhususkan untuk kalangan tertentu. Misalnya saja ibu hamil, wanita muslim Korea, atau keperluan untuk ekspor barang.

Baca Juga: Seragam Olahraga Sekolah Korea dengan Model Terbaru
4. Pola Jahitan yang Rapi dan Kuat

Kaos produksi Korea memang diakui memiliki kualitas yang baik. Maka tidak mengherankan jika banyak negara yang mengimpornya setiap tahun. Apabila dilihat dengan teliti hampir tidak tampak sela jahitan, oleh sebab itu baju olahraga Korea bisa tahan lama.

Hal ini biasanya yang membuat orang dari berbagai negara tertarik untuk membeli baju Olahraga Korea. Dengan produksi yang baik akan memberikan kepuasan tersendiri bagi penggunanya. Tidak mengherankan apabila impor kaos ini semakin meningkat.

5. Penggunaan Motif

Terdapat beragam motif yang bisa dijumpai di pakaian olahraga ini, mulai dari garis-garis, kotak dan polkadot. Sedangkan untuk kalangan anak-anak biasanya ditambahkan dengan gambar kartun yang sedang popular, sehingga menambah kesan yang elegan ketika dipakai.

Beberapa pengguna saat ini lebih memilih pakaian dengan menggunakan motif dibandingkan dengan model polos karena semakin hits. Dengan begitu, tidak sedikit produsen semakin gencar menambahkan desain unik dan bisa menarik perhatian orang yang melihatnya.

Jika membandingkan pakaian olahraga negara Indonesia dengan Korea, tentu keduanya memiliki karakteristik tersendiri. Terkadang kedua negara ini terlibat kegiatan ekspor impor baju apapun jenisnya. Lantas apa yang membedakan produksi pakaiannya?

Perbedaan Baju Olahraga Korea dengan Indonesia

Ada beberapa aspek yang bisa digunakan untuk mengetahui letak perbedaan antara produksi pakaian, di antaranya adalah:

1. Segi Kualitas

Berbicara mengenai dunia fashion, rasanya Indonesia kalah bersaing dengan negara Korea. Produksi pembuatan pakaian olahraga negara di kawasan Asia Timur ini telah mampu memberikan kualitas yang lebih bagus.

Mengapa demikian? Karena bisa dikatakan Korea menjadi pusat pabrik-pabrik dengan merk terkenal dan bisa bersaing dengan industri fashion negara lain. Dengan begitu, jika dilihat dari kuantitas penjualan barang Indonesia maka akan kalah.

2. Penggunaan Warna 

Jika Korea berani mengkombinasikan berbagai warna terutama yang bisa menghasilkan baju dengan mencolok, maka Indonesia akan lebih memilih warna kalem dan soft. Karena, di sini jika menggunakan perpaduan seperti itu akan terlihat sangat aneh dan pengguna merasa tidak percaya diri.

Berbeda di negeri Kora, di mana orang-orang santai untuk menggunakan beragam jenis warna pakaian olahraga mereka. Menggunakan kaos mencolok memang bisa membuat seseorang menjadi pusat perhatian, namun orang Korea justru cuek dengan perasaan seperti itu.

3. Segi Harga

Kualitas akan berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan konsumen dalam membeli pakaian. Jika dibandingkan produk kedua negara ini, memang memiliki kisaran harga yang berbeda. Di mana harga beli kaos olahraga Korea lebih mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia.

Sebenarnya ini juga dipengaruhi oleh kurs mata uang kedua negara. Di mana Korea memiliki nilai tukar yang lebih tinggi, sehingga pembelian barang apapun di sana pasti lebih mahal (tidak terkecuali di bidang fashion).

4. Trend yang Dijadikan Konsep Pakaian

Jika Korea bercondong pada desain negara barat yang cenderung terlihat seksi jika dipakai pengguna, maka di Indonesia tidak banyak produksi dengan trend seperti itu. Ada faktor mengapa hal seperti itu bisa terjadi, karena perbedaan culture dan agama yang dianut masing-masing negara.

Indonesia dihuni warga yang mayoritas beragama Islam yang membuat penganutnya menutup aurat. Maka berbeda dengan Korea yang mayoritas agamanya ada yang Budha, Katolik bahkan Atheis. Alhasil, mereka cenderung bebas dalam mengekspresikan diri terutama dalam hal berpakaian.

5. Adanya Motif Serta Manik-manik

Kebiasaan memadukan aksesoris pada setiap kaos olahraga selalu dilakukan oleh produsen di negara Korea. Hal ini akan membuat pakaian yang dihasilkan semakin memiliki nilai tambah dan bisa menarik pengguna. Manik-manik yang digunakan adalah kancing, belt ataupun hiasan dari kain perca.

Semua ini mampu mempermanis penampilan bagi orang yang menggunakannya. Tetapi di Indonesia hal seperti itu cenderung terlihat aneh. Dengan begitu, sangat jarang sekali kaos olahraga memiliki hiasan yang bisa membuat pengguna jadi pusat perhatian bagi orang di sekitarnya.

Baca Juga: Baju Olahraga SD, SMP, SMA! Apa saja Kriterianya?
6. Faktor Alam

Korea adalah negara yang memiliki 4 musim yaitu panas, dingin, gugur dan semi. sedangkan Indonesia hanya memiliki musim penghujan dan kemarau. Hal ini berdampak pada jenis model kaos olahraga yang dibuat. Di saat suhu rendah dan membuat orang di sana kedinginan tentu modelnya beda.

Hal ini melindungi mereka agar ketika melakukan aktifitas olahraga tetap bisa terasa nyaman. Di negara ini baik di penghujan maupun kemarau bentuk kaos yang digunakan tetap sama. Tidak heran jika faktor alam juga bisa memengaruhi dalam pembuatan pakaian.

7. Model Pakaian yang Lebih Beragam

Sebenarnya aspek ini masih berhubungan dengan faktor alam. Di mana dengan adanya beberapa musim, menyebabkan model pakaian olahraga lebih banyak jenisnya di Korea. Sedangkan di Indonesia model kaos jumlahnya terbatas akibat iklim yang ada di dalamnya.

Bisa jadi ketika musim hujan, maka model pakaiannya akan menggunakan bahan yang tebal. Sedangkan saat sinar matahari menyengat kulih bisa jadi konsep kaos tipis menjadi salah satu pilihan yang tepat.
Penjelasan di atas tentunya bisa memberikan pandangan bagi semua orang mengenai produksi kaos antar kedua negara. Oleh karena itu, sudah Anda pertimbangkan dengan baikkah untuk membeli pakaian Olahraga Korea?

Comments are closed.