0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Apa yang Membedakan Jaket dengan Rompi?

Apa perbedaan jaket dengan rompi itu? Jaket dan rompi merupakan kedua jenis pakaian yang memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin. Selain itu, kedua jenis pakaian tersebut biasanya sama-sama digunakan pada saat mengendarai sepeda motor untuk alasan keselamatan tubuh. Kedua jenis pakain tersebut pun biasanya dibuat dari bahan-bahan yang tidak beda jauh.

Apa itu Jaket?

apa itu jaket

Apa yang ditahu tentang jaket? Jaket merupakan sejenis pakaian luar yang biasanya memiliki panjangpinggang. Pakaian yang satu ini juga memiliki desain yang beraneka ragam mulai dari yang dilengkapi dengan resleting atau pun kancing, yang fungsinya untuk membuka dan menutupnya.

 Seain itu, jaket biasanya juga memiliki kantong atau saku dibagian tertentu. Misalnya, di bagian bawah kiri dan kanan. Bahkan ada juga yang tidak memakai saku. Komonen tambahan dari jaket biasanya juga ada pada penutup kepal, namun ada juga yang tidak memilikinya.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari jaket:

  • Melindungi tubuh dari cuaca dingin.
  • Sebagai safety atau keselamatan dalam melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, berkendara, naik gunung, dan lain-lain.
  • Melengkapi penampilan atau untuk kepentingan fashion.

Apa Itu Rompi?

apa itu rompiSama halnya dengan jaket, rompi merupakan sejenis pakaian yang baiasanya digunakan di luar. Namun tidak memiliki lengan seperti halnya jaket.  Jadi, segala baju yang tidak berlengkan dan di pakai sebagai pakaian tambahan di luar baju utama bisa disebut rompi. Pengguna rompi itu sendiri biasanya memadupadankan pakaian jenis ini dengan kaos atau kemeja karena rompi memang digunakan sebagai pelengkap pakaian saja.

Namun, rompi juga ternyata tidak hanya digunakan untuk pelengkap dalam berpakaian. Pakaian jenis ini juga biasa digunakan untuk kepentingan keamanan tubuh. Contohnya seperti safety vest, yang banyak digunakan oleh para pekerja lapangan.

Berikut ini adalah fungsi dari rompi:

  • Melindungi tubuh dari udara dingin.
  • Sebagai identitas dalam satu lembaga atau institusi bagi pemakainya.
  • Sebagai safety dan keamanan tubuh.
  • Untuk kepentingan fashion.

Selain itu, rompi juga memiliki desain yang  lebih fleksibel dan juga nyaman di pakai di berbagai keperluan karena tidak memiliki lengan sehingga akan memudahkan pemakainya. Menggunakan rompi juga tidak mengharuskan pemakaianya untuk menyingsingkan lengan baju. Maka dari itulah, baju anti peluru pun lebih sering dalam bentuk rompi karena keunggulannya yang fleksibel itu.

Apa Saja Perbedaan Jaket dengan Rompi dalam Penggunaannya?

perbedaan jaket dengan rompi

Baik jaket maupun rompi pada dasarnya memiliki kesamaan. Misalnya dari bahan pembuatannya hingga dari fungsi dan kegunaannya. Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan jaket dengan rompi yang ternyata cukup menonjol, di antaranya:

1. Terlihat pada Bagian Lengan

Perbedaan jaket dengan rompi dapat dilihat dari lengannya. Pada umumnya, jaket memiliki lengan yang panjang, sementara rompi tidak memiliki lengan sama sekali. Hal itu juga membut rompi terkesan lebih fleksibel jika dibandungkan dengan jaket dalam penggunaanya.

2. Terlihat pada Desain dan Modelnya

Selain karena bagian lengan baju, perbedaannya juga bisa dilihat dari desainnya. Walaupun sebetulnya komponen-komponen jaket maupun rompi itu sendiri cenderung memiliki kesamaan. Biasanya, rompi didesain harus pas dan sesuai dengan ukuran tubuh penggunanya supaya terlihat cocok. Sebaliknya, jaket masih bisa terlihat cocok digunakan meskipun ukurannya sedikit kebesaran.

3. Dilihat dari Penggunaan

Penggunaan rompi sendiri lebih sering digunakan untuk menunjukan identitas suatu instansi atau pekerjaan. Misalnya, untuk safety vest di mana digunakan oleh para pekerja lapangan dan jarang digunakan sehari-hari. Sebaliknya, jaket dapat digunakan dalam aktivitas harian penggunanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?