0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Manfaat dari Penggunaan Pakaian Rompi

Bagi orang yang bekerja di lapangan, tentu sudah tidak asing lagi untuk mengetahui apa itu rompi sebagai pakaian yang seringkali dikenakan. Namun ternyata pakaian jenis ini juga tidak hanya dikenakan bagi pekerja lapangang. Seiring berjalannya waktu, model rompi pun berkembang dan dapat dikenakan siapa pun.

Apa Itu Rompi dan Bagaimana Sejarahnya?

sejarah rompi

Rompi merupakan sejenis pakaian yang didesain khusus tanpa menggunakan lengan. Pakaian yang satu ini dapat dipakai untuk beberapa kepentingan.

Setelah mengetahui apa itu rompi yang merupakan sejenis pakaian, tentu Anda pun ingin tahu mengenai sejarahnya.

Nama lain rompi adalah vest. Istilah tersebut berasal dari bahasa Perancis, yakni dari kata “veste” yang artinya model baju tanpa lengan yang menutupi tubuh bagian atas. Pakaian yang satu ini dipopulerkan pertama kali oleh Charles II dari Inggris, yang pada saat itu masih menjadi Prince of Wales di tahun 1643.

Awalnya rompi ini dipakai sebagai pelapis di atas pakaian dalam di acara formal yang digunakan oleh pria. Saat ini, rompi  tak hanya dipakai oleh pria atau untuk acara formal saja.  Kebanyakan orang lebih sering digunakan untuk lapisan di bawah mantel sebagai penghangat. 

Manfaat Rompi dalam Penggunaanya

manfaat rompi

Rompi merupakan sejenis pakaian yang memang dikenakan untuk beberapa hal dan kepentingan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan rompi:

1. Menjaga Kehangatan Tubuh Bagian Dada

Banya di antara Anda yang pasti mengira bahwa penggunaan rompi itu sendiri, misalnya bagi pengendara motor hanya untuk bergaya dan menyesuaikan dengan penampilannya sebagai biker. Namun, fungsi lain dari pakaian jenis ini adalah untuk menjaga kehangatan tubuh, terutama bagian dada.

Dada yang terlalu sering terkena oleh terpaan angin ketika mengendarai sepeda motor akan berakibat kurang baik untuk tubuhnya. Misalnya, terkena masuk angin ataupun risiko lainnya. Penggunaan rompi dapat menjaga kehangatan dada pada saat berkendara untuk terhindar dari masuk angin.

2. Menjadi Pelengkap Berpakaian

Seperti fungsi awalnya sebagai pakaian yang terkesan fashionable, rompi ini akan memperlihat pemakainya agar tampak lebih elegan dan charming. Rompi digunakan untuk bergaya. Misalnya untuk datang ke beberapa acara formal.

3. Atribut dalam Pekerjaan (Profesi)

Selain untuk perlindungan, rompi juga biasanya digunakan sebagai atribut dalam suatu profesi. Rompi yang dijadikan sebagai atribut pekerjaan biasanya memiliki fungsi utama yang berbeda-beda. Misalnya, orang yang bekerja di kebun terkadang menggunakan rompi supaya baju dalamnya tidak kotor, polisi lalu lintas menggunakan rompi untuk atribut, snaper menggunakan rompi anti peluru, petugas di kebun binatang s, para pekerja lapangan yang berkerja di konstruksi, dan yang lainnya.

Rompi merupakan sejenis pakaian yang memang praktis dan  efisien. Cara penggunaannya pun memang lebih mudah digunakan jika dibandungkan dengan pakaian lain karena tidak memiliki lengan. Dalam hal ini, menggunakan rompi akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Selain kenyamanan, faktor lain yang sangat menguntungkan dari  yaitu tahan air (khusus untuk rompi safety). Meskipun tidak semua jenis rompi safety tahan air. Selain itu, rompi juga dapat melindungi penggunanya dari air hujan atau angin, pada beberapa jenisnya. Jika tubuh berkeringat, pakaian jenis ini tidak akan meninggalkan kesan gerah pada penggunanya.

Hingga kini rompi memiliki desain yang beraneka ragam sesuai dengan tujuan penggunaannya. Bahkan, hingga kini banyak pula perempuan yang menggunakan jenis pakaian seperti ini untuk kepentingan fashion dan gaya dalam berbusana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?