0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Jenis-Jenis Wearpack untuk Keamanan Bekerja

Apa itu wearpack dan apa manfaat menggunakan jenis pakaian yang satu itu? Apabila Anda pernah mendatangi bengkel dan melihat montir-montirnya atau melihat petugas pemadam kebakaran dengan pakaiannya yang begitu khas, mereka sedang menggunakan wearpack. Hal tersebut merupakan salah satu jenis pakaian khusus bagi pekerja, umumnya pekerjaan kasar yang berisiko.

Apa Itu Wearpack atau Pakaian Keselamatan?

apa itu wearpack

Setelah mengetahui seperti apa itu wearpack, Anda pun mesti mengetahui apa itu wearpack yang sebenarnya. Wearpack merupakan salah satu jenis pakaian yang masuk ke dalam kategori pakaian Alat Pelindung Diri atau APD yang wajib digunakan pada saat melakukan pekerjaannya. Biasanya, pengguna pakaian ini adalah pekerja tambang, listri, mekanik, pekerja pabrik, dan sebagainya.

Dalam hal ini, pakaian tersebut berfungsi untuk keselamatan para pekerja saat sedang menjalankan tugasnya. Namun tak hanya itu, biasanya wearpack pun digunakan siswa yang masuk jurusan teknik dengan menggunakan wearpack sekolah pada saat praktik.

Semnatara itu, fungsi lain dari penggunaan pakaian jenis ini adalah sebagai penunjuk identitas seseorang dalam bidang kerjanya. Misalnya menunjukan jabatan dan bagian divisi tempat ia bertugas.

Jenis-Jenis Wearpack yang Biasa Digunakan

jenis wearpack

Anda telah  mengetahui apa itu wearpack yang didesain khusus untuk bidang pekerjaan tertentu. Jika dilihat berdasarkan fungsinya, pakaian untuk keamanan yang satu ini terbagi ke dalam dua kategori. Berikut ini adalah jenis weakpack yang sering digunakan:

1. Safety Wearpack

Safety Wearpack atau wearpack yang satu ini difungsikan khusus sebagai pakaian untuk keamanan. Artinya, pakaian ini merupakan pakaian keselamatan yang digunakan untuk orang-orang yang bekerja di bidang tertentu. Biasanya mereka melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berisiko. Contoh: pemadam kebakaran,pekerja tambang, pekerja konstruksi, dan sebagainya.

Selain itu, sfety wearpack ini dibuat dari bahan-bahan khusus yang akan memberikan keamanan bagi pekerjanya. Misalnya, wearpack pemadam kebakaran terbuat dari bahan-bahan yang yang tahan api atau bahan tahan panas untuk mengurangi risiko cedera pada saat bertugas.

2. Wearpack Biasa

Jika wearpacak safety dikhususkan dibuat untuk pekerja yang memiliki risiko tinggi ketika melakukan tugasnya. Maka, wearpack biasa ini digunakan bagi orang-orang yang bekerja di bidang yang memiliki risiko lebih rendah.

Namun, fungsi dari pakaian jenis ini masih sama, yaitu untuk alasan keamanan dan keselamatan. Hanya saja biasanya desain atau model dari wearpack biasa ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan safety wearpack. Umumnya, didesain dengan model baju lengan panjang dan celana.

Jenis pakaian keamanan biasa ini pada lebih lazim digunakan oleh pekerja yang beraktivitas di tempat-tempat tertentu, di antaranya peternakan, pabrik mesin, bengkel, tempat las,  pabrik bangunan, dan yang lainnya.

Bahan-Bahan untuk Pembuatan Wearpack

bahan wearpack

Terdapat beberapa jenis bahan pembuatan pakaian untuk keamanan yang satu ini. Hal ini tergantung dari bagaimana pakaian tersebut digunakan.

1. Bahan standar (Biasa)

Material atau bahan yang digunakan untuk wearpack biasa umumnya menggunakan kain yang juga dapat digunakan untuk pembuatan jenis baju lainnya. Namun, bahan standar ini pun berbeda-beda dan tergantung dengan kualitasnya, yaitu:

  • Kain Drill (Contoh: American Drill dan Japaness Drill)
  • Kain Twill
  • Kain Kanvas atau Baby Canvas
  • Raphael
  • Taipan Tropical

2. Bahan Khusus

Karena wearpacak digunakan untuk perlindungan dan keamanan para pekerja yang memiliki pekerjaan yang berisiko. Maka, wearpack pun memiliki bisa dibuat dengan menggunakan material atau bahan khusus. Misalnya, dengan menggunakan bahan yang berifat anti panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?