0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Apa Itu Kaos Polo dan Bagaimana Sejarah Perkembangannya

Sejarah kaos polo diawali dengan kegunaan kaos ini sebagai pakaian olahraga. Sebagai salah satu dari banyak jenis kaos, keberadaan kaos polo memberikan solusi bagi yang ingin bergerak lebih nyaman dan lincah saat berolahraga. Karenanya altet-attlet banyak yang mamakai kaos ini.

Dalam perkembangannya, kaos polo sudah merambah dunia fashion dan jadi pakaian serba guna. Kini bukan lagi kaos untuk olahraga saja. Namun kaos ini juga bisa dipakai di beragam agenda baik bagi pria maupun wanita.

Sejarah Kaos Polo Berawal dari Olahraga Polo

sejarah kaos polo shirt

Kata polo diambil dari nama sebuah olahraga, yaitu “polo”. Olaharga ini diakukan beregu mirip seperti sepak bola dimana bola harus masuk ke gawang. Bedanya, pemain polo tidak berlari, melainkan menunggangi kuda dan mereka harus mencoba memasukkan bola memakai stick.

Awalnya, polo pada masa itu berwarna putih dengan bagian lengan panjang dan kancing kerah. Kemudian, bentuk kerah inilah yang menjadi ciri khas kaos polo sampai saat ini. Kaos polo ini mulai berkembang ketika pemain asal Argentina mulai membordir bagian dada kaos ini.

Setelah itu, Raplh Lauren mulai memproduksi kaos dengan ciri khas kerah, logo pada bagian dada yang mirip pemain polo. Inilah asal mula lahirnya kaos polo yang kita sering lihat dan pakai saat ini.

Selain olahraga polo, kaos dengan kerah ini juga banyak dipakai untuk kegiatan lain. Contohnya ialah tenis lapangan. Kaos tersebut dinilai nyaman untuk dipakai bergerak oleh para atlet.

Kegunaan Kaos Polo Saat Ini

kegunaan kaos polo masa kini

Jika dulu kaos polo banyak dipakai untuk olahraga polo maupun tenis, kini kaos ini memiliki lebih banyak fungsi. Beberapa kegunaan kaos ini ialah untuk :

  • Pakaian santai sehari-hari => Pakaian polo nyaman dipakai untuk kegiatan harian. Untuk lebih nyaman penting memilih kaos ini berdasarkan jenis bahan kaos atau kainnya.
  • Pakaian olahraga => berbagai bidang olahraga bisa memilih polo sebagai piihannya. Salah satu tips memilih  kaos ini agar tetap nyaman bergerak ialah memilih kain yang menyerap keringat.
  • Seragam komunitas => bagi komuniats-komunitas, meilih kaos sebagai seragam sudah sangat umum. Disamping kaos O-neck maupun V-neck, kaos polo berkerah lebih banyak dipilih. Kaos ini pun bisa divariasikan dengan sablon dan juga bordir untuk menyematkan nama atau logo komunitas.
  • Seragam kerja => Di banyak perusahaan, polo berkerah juga dipakai untuk seragam kerja. Selain nyaman untuk bergerak, kaos ini juga menyerap keringat sehingga cocok untuk cuaca panas dan pekerjaan di luar ruangan.
  • Sebagai souvenir => Kaos polo adalah rekomendasi untuk souvenir terbaik. Kaos ini bisa sekaligus bisa jadi kaos promosi yang murah meriah.

Melihat sejarah kaos polo dan perkembangannya saat ini, kaos polo sudah jadi bagian dari trend masyarakat. Bahkan saat ini makin mudah membuat dan memesannya di konveksi-konveksi. Jika ingin lebih bervariasi, maka bisa menambahkan sedikit aksesori.

Jenis dan Variasi Kaos Polo Saat Ini

jenis kaos polo masa kini

Untuk segala keperluan, kaos polo bisa jadi pilihan. Misalnya untuk kaos seragam atau komunitas. Karena fungsinya inilah, kaos ini kemudian mulai banyak divariasikan. Sebagai contoh ialah penambahan saku pada bagian dada.

Selain itu, kaos ini juga divariasikan dengan kaos polo sablon. Pemilihan sablon harus bagus agar bisa meresap ke serat kain. Dan inilah yang dimanfaatkan oleh orang untuk pembuatan logo atau tulisan tertentu.

Kaos polo bordir juga jadi salah satu jenis dan juga variasinya. Bordir bisa disematkan pada bagian dada sesuai dengan keinginan. Hal ini merupakan perkembangan dari sejarah kaos polo yang tadinya merupakan kaos polos berkerah warna putih saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?