0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Jenis Bahan Kaos Sebaiknya Dipilih Berdasarkan Kegunaannya

Bahan kain kaos sangat beragam. Semuanya bisa dipilih berdasarkan tingkat kenyamanan, harga, hingga tekstur kain tersebut. Semua bahan atau kain ini menjadi rujukan bagi mereka yang ingin membuat atau membeli kaos. Termasuk pula kaos jenis polo hingga kaos oblong yang memiliki keragaman kain di pasaran.

Berbagai Pilihan dan Jenis Bahan Kain Kaos

berbagai jenis kain kaos serta kelebihan kekurangannya

Berikut ini ada beragam jenis kain untuk kaos. Kebanyakan dipilih oleh banyak konveksi kaos dan distro untuk menampilkan produk terbaik. Konsumen pun banyak yang memiliki bahan-bahan ini dengan alasan kenyamanan hingga harga beli yang miring.

Katun (cotton) Combed

kain katun

salah stau bahan kaos paling nyaman ialah katun combed yang memakai 100% serat kapas murni. Kain ini halus, nyaman dan cocok untuk cuaca panas seperti di Indonesia. Selain itu, kain ini juga menyerap keringat, jadi lebih banyak dipilih oleh konsumen baik untuk kaos pria maupun wanita.

Cotton Carded

kain cardet

Meskipun tak senyaman katun, katun carded adalah salah satu bahan kain kaos yang populer. Karakter kainnya kurang halus dan rata. Kain ini banyak dipilih lantaran harganya yang lebih murah dibanding katun asli dan bisa dipakai untuk kaos oblong olahraga hingga untuk kegiatan sehari-hari.

Polyster dan PE

kain polyster

Untuk kaos pabrikan dengan jumlah masal, kain ini banyak dipakai. Polyster merupakan serat sintetis yang berasal dari bahan ester. Karena bukan dari kapas, maka kain ini relatif lebih panas dan kurang nyaman dipakai dibanding kedua jenis kain sebelumnya.

TC atau Teteron Cotton

Bahan kaos ini terbuat dari campuran cotton dan polyster. Meskipun hampir mirip dengan PE, namun TC memiliki keunggulan karena bahannya yang mudah melar dan tidak mudah kusut. Karakter kainnya ialah panas, tidak menyerap keringat, dan kurang nyaman untuk cuaca panas.

Viscose (rayon)

kain viscose - rayon 1

kain ini lebih dikenal dengan nama rayon yang merupakan serat sintetis celulosa organik. Karakteristik kain ialah teksturnya yang mirip kapas. Keunggulannya ialah memiliki warna yang cukup cemerlang dengan permukaan yang lebih halus dari kapas. Viscose biasanya untuk kaos akan terkesan mewah dan memiliki harga lebih mahal.

CVC atau cotton Viscose

kain cotton viscose - CVC

Bahan CVC terbentuk dari 45% viscose dan 55% cotton combed. Kelebihannya ialah memiliki tingkat penyusutan pola yang kecil. Selain itu, CVC juga bisa menyerap keringat dengan baik. Oleh karena itu banyak kaos yang memakai bahan ini meskipun akan dipatok dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Spandex

kain spandex

Kain Bahan spandex adalah jenis kain katun yang terdiri dari campuran kapas dengan polyurethane. Kain spandex biasanya lebih tipis tetapi lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan kain katun biasa karena kain ini mengandung polyurethane yang daya tahannya lebih bagus dibanding kain katun. Karena sifatnya yang elastis maka jenis kain ini lebih disukai kaum hawa.

Hyget

kain hyget

Bahan kaos yang satu ini dibuat dari plastik, sehingga sangat tipis. Harganya pun cukup murah dan banyak beredar dipasaran. Untuk kaos seragam atau untuk souvenir, hyget dipilih karena harganya yang murah meskipun kurang nyaman dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Contohnya  adalah untuk kaos partai yang banyak diburu saat musim kampanye.

Cara Memilih Bahan Kaos yang Tepat

pemilihan bahan kaos yang tepat sesuai kebutuhan

Terdapat banyak sekali kain untuk pembuatan kaos. Untuk memilihnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama ialah masalah kenyamanan. Jika ingin memakai yang nyaman, maka jangan ragu untuk memilih yang berbahan kapas 100%. Yang kedua adalah masalah harga. Jika ingin memesan kaos dengan budget terbatas, maka harus memperhitungkan harga, misalnya bahan hyget.

Contohnya untuk kebutuhan seragam atau dalam produksi massal, maka bisa mempertimbangkan membeli kaos dengan kain yang murah. Dengan demikian, kebutuhan kuantitasnya akan terpenuhi. Pertimbangkan pula pemilihan kain dari segi kegunaannya. Jika ingin memesan bahan kain kaos untuk seragam event, maka pilihan kain yang lebih nyaman, bisa dipilih karena akan membuat nyaman kru dalam melakukan kegiatan.

One Response to “Jenis Bahan Kaos Sebaiknya Dipilih Berdasarkan Kegunaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?