0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Mengenal Ciri Kain Katun Jenis Kombed dan Kelebihannya

Katun kombed adalah salah satu jenis katun berkualitas untuk pembuatan pakaian khususnya kebanyakan untuk bahan kain kaos. Katun ini juga jadi bahan yang paling banyak digunakan konveksi untuk produksi baju. Sifatnya lembut sehingga nyaman di kulit. Kain ini dinamakan kombed karena melewati proses combing (proses penyisiran serat agar menjadi lurus, sejajar dan teratur) dalam pembuatannya.

Di Indonesia, kain kombed merupakan kain yang populer. Bahannya yang cenderung dingin cocok untuk dipakai di negara beriklim tropis yang selalu panas. Contoh produk konveksi dari bahan ini yang paling banyak ialah untuk pembuatan kaos.

Jenis-Jenis dari Katun Kombed Berdasarkan Ketebalannya

bahan kain katun kombed dan ketebalannya

Kain kombed memiliki beberapa variasi jenis yang turut membedakan kualitasnya. Jenis ini didasarkan pada ketebalan kain dimana kain ini diberi angka-angka untuk membedakan jenis dan kualitasnya. Jenis kain kombed yang ada di pasaran dan jadi bahan kaos di konveksi ialah kombed 20, 24, 30 dan 40.

Angka-angka tersebut menunjukkan ketebalan kain katun ini dan kerapatan benang yang dipakai. Makin kecil angkanya, maka semakin tebal bahan rajutan kombed. Sebaliknya, semakin besar angkanya, makin tipis pula kainnya.

Dari keempat jenis kain tersebut, kain kombed memiliki karakter yang berbeda. Secara umum, inilah yang membedakan setiap jenis kombed yang ada di pasaran saat ini :

  • Kain kombed 20s => Bahan ini adalah yang paling berkualitas diantara kain kombed lainnya. Banyak konveksi yang memakainya sebagai bahan pembuatan kaos yang berkualitas. Kain ini juga yang paling tebal diantara kain kombed lainnya. Karenanya, kain ini lebih hangat dan cocok untuk melawan udara dingin.
  • Kain kombed 24s => Bahan ini banyak dicari lantaran memiliki karakter kain yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Untuk pembuatan kaos, kombed 24s juga cukup populer. Hal ini karena pakaian dari kain kombed ini cocok untuk udara panas maupun dingin.
  • Kain kombed 30s => Untuk clothing line, kombed 30s juga banyak dipakai. Kelebihannya ialah kain ini tidak panas dan cocok untuk kegiatan outdoor.
  • Kain kombed 40s => Dari kain kombed lain, kombed 40s adalah yang paling tipis. Meskipun demikian, kain ini tetap nyaman dipakai sebagai bahan kaos casual.

Kelebihan Kain Kombed Secara Umum

kelebihan katun kombed

Sebagai kain favorit untuk pembuatan kaos di konveksi dan banyak dipesan sebagai seragam maupun clothing line, kain combed menawarkan banyak kelebihan. Secara umum, inilah kelebihan kain kombed yang akan kita temui :

  • Karakter kain cenderung dingin
  • Sangat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit manusia
  • Kain yang cocok untuk bahan pakaian di negara tropis
  • Sifat kain menyerap keringat
  • Mudah ditemui di banyak konveksi
  • Menjadi favorit clothing line di Indonesia

Kegunaan dari Kain Kombed

kegunaan bahan kain katun kombed

Dengan berbagai kelebihannya di atas, maka kain kombed bisa dipakai untuk banyak kegiatan. Untuk segala usia, kaos dari bahan kombed memberikan kenyamanan yang maksimal. Kaos dari kain kombed bisa dipakai dan nyaman untuk kegiatan berikut ini :

  • Untuk santai => Sebagai pakaian sehari-hari kain ini sangat nyaman. Apalagi kain kombed juga cukup awet dan tak mudah rusak ketika dicuci dengan benar.
  • Untuk olahraga => SIfat kombed yang menyerap keringat membuatnya sangat nyaman untuk kegiatan olahraga.
  • Seragam komunitas => Pembuatan kaos untuk komunitas yang awet dan juga berkualitas kini tak perlu bingung lagi. Kain kombed bisa jadi solusi mudahnya serta cocok dipakai oleh pria dan wanita dengan bordir atau sablon sesuai permintaan.

Dunia konveksi memiliki beragam jenis bahan untuk pembuatan kaos yang nyaman. Selain katun kombed, ada pula jenis katun lain. Sebut saja katun bamboo, katun supima, dan katun carded.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?