0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Jenis-Jenis Kain Denim dan Kelebihannya

Bahan denim merupakan salah satu jenis kain yang disukai semua kalangan. Pakaian dari bahan ini bisa dibuat untuk berbagai item pakaian. Mulai dari jaket, rok hingga celana semua bisa dibuat dengan memanfaatkan bahan ini.

Belum lagi ada banyak jenis-jenis denim di pasaran. Bahan ini memberikan banyak pilihan dari segi motif, ketebalan hingga harga yang bervariasi. Maka, sebelum membeli atau membuat pakaian dengan bahan ini, kenali dulu berbagai jenisnya.

Jenis-Jenis Bahan Denim

bahan denim dan jenis-jenisnya

Kain denim ialah jenis kain yang memiliki serat katun warna biru. Meskipun begitu, di pasaran ada berbagai warna denim yang kini lebih bervariasi, seperti hitam maupun putih. Selain warna, kain ini juga memiliki lebih banyak jenis, seperti :

  • Dry denim => Denim ini tidak mengalami proses pencucian sesudah pewarnaan dilakukan. Karenanya, ciri khas kain ini ialah memiliki warna yang kuat meskipun teksturnya sedikit kasar.
  • Prewash denim => Kain ini mengalami proses pencucian. Karenanya, ada kesan warna yang sedikit memudar layaknya pada celana-celana jeans atau denim secara umum.
    bahan denim
  • Selvage denim => Kain ini memiliki ciri khas berupa bagian pinggirannya yang teranyam dengan rapi.
    bahan denim
  • Colored denim => Jenis kain ini memiliki varian warna beragam. Ada warna tradisional, berupa biru. Ada pula denim dengan pewarnaan lain yang lebih beragam.
    bahan kain
  • Ramie denim => Ciri khas kain ini ialah dibuat dari serat tanaman rami. Karenanya, denim yang dihasilkan akan memiliki tekstur halus dan mengurangi kerutan pada kain.
    bahan denim
  • Stretch denim => Kain ini dicampur dengan bahan elastis, biasanya berupa campuran spandek dengan kadar beberapa persen saja. Dengan campuran ini maka bahan bisa dipakai sebagai celana jeans sehingga memiliki karakter stretch.
    bahan denim
  • Poly denim => Seperti namanya, denim ini dibuat dengan penambahan polyester. Karenanya, kain ini lebih ringan sifatnya. Pemakaiannya bisa untuk pakaian formal atau semi formal.
    bahan kain

Demikianlah, beberapa jenis denim yang ada saat ini. Masing-masing memiliki karakter bahan dan kelebihan yang berbeda-beda. Maka, kenali dulu jenisnya agar memiliki pakaian dari bahan denim paling tepat dan nyaman.

Kelebihan Kain Denim Untuk Pakaian

bahan denim

Kain ini memang sangat popouler. Hampir semua kalangan menyukainya untuk dipakai ke banyak agenda. Mulai acara kasual hingga formal, pakaian ini memang sangat direkomendasikan. Berikut ini ada kelebihan-kelebihan dari kain denim, seperti :

  • Bahan kuat => Kain denim merupakan salah satu jenis kain yang tebal dan kuat. Jadi, kain ini tidak akan mudah rusak meski dipakai  untuk jangka waktu yang lama.
  • Nyaman dipakai pria dan wanita => Warna hingga desain pakaian dari bahan ini bisa dipakai semua umur baik pria dan wanita. Variasi renda atau bordir pun bsia diaplikasikan untuk memberikan kesan lebih feminim.
  • Tidak mudah sobek => Untuk kegiatan traveling atau touring, pakaian dari bahan ini sering kali jadi pilihan. Alasannya ialah karekater serta kain yang tidak mudah sobek. Jadi, pakaian bisa lebih melindungi kulit dari goresan maupun dari cuaca panas dan dingin.

Dengan berbagai kelebihan di atas, maka kain ini memiliki banyak kegunaan. Salah satu contohnya ialah sebagai celana pria dan wanita. Bisa pula dijadikan sebagai bahan rok yang nyaman.

Kain ini pula banyak diaplikasikan dengan bahan pembuatan jaket denim. Dengan bahan yang tebal, maka bisa memberikan perlindungan bagi pemakaianya. Selain itu juga memberikan efek hangat jika bahan denim dipakai di musim hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?