0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Keunggulan Kain Polyester Sebagai Bahan Pakaian

Bahan polyester menjadi bahan pakaian yang tak kalah populer dari kain lain. Polyester sendiri merupakan serat atau fiber sintetis. Kain ini pun menjadi alternatif industri garmen dan konveksi untuk menghasilkan pakaian yang tak kalah kualitasnya dari bahan lain.

Keunggulan Bahan Polyester

Ada banyak keunggulan yang didapatkan dari pemakaian kain ini. Maka tak heran jika kain ini menjadi salah satu yang banyak digunakan sebagai bahan pakaian. Beberapa keunggulannya ialah sebagai berikut :

  • Kain tahan lama => Kaos maupun celana atau jaket dari bahan ini cenderung lebih tahan lama, baik dari serat maupun warnanya.
  • Sifat kain kuat => Sebagai bahan sintetis, kain ini juga cenderung kuat dan juga tak mudah rusak.
  • Lebih cepat kering => Ketika basah dan setelah dicuci, kain ini mudah dikeringkan karena sifatnya yang menyerap panas.
  • Tahan air / water resistant => Karena keunggulan  ini, maka bahan ini sering jadi bahan pakaian outdoor.
  • Tidak mudah kusut => Tanpa perlu disetrika, pakaian dari polyester tidak mudah kusut sehingga mudah perawatannya.
  • Tidak mudah melar / susut => Ketika sudah dicuci berkali-kali, kain ini tak mudah susut atau melar, jadi lebih awet.

Itulah beberapa keunggulan dari bahan ini untuk pembuatan pakaian. Contoh penggunaannya ialah sebagai bahan kaos, celana, hingga jaket. Meski tak sebagus kain katun, namun bahan ini tetap bisa diunggulkan. Apalagi harganya ekonomis, jadi efektif untuk pembuatan pakaian dalam jumlah banyak.

Kelemahan Kain Polyster

Kelemahan bahan Polyester

Di satu sisi, bahan ini juga memiliki kekurangan. Karena merupakan serat sintetis, polyester bisa memicu iritasi pada kulit. Selain itu, kain ini tidak bisa menyerap panas dan keringat dengan baik. Selain itu, ada beberapa kelemahan lain dari bahan ini, yaitu :

  • Tidak tahan terhadap suhu panas => Akibatnya,  memakai pakaian dari bahan ini akan membuat cepat gerah. Saat udara panas akan membuat tidak nyaman di kulit.
  • Tidak mneyerap keringat => Karena hal inilah, maka tidak dianjurkan terlalu lama memakai pakaian ini terutama unutk aktivitas fisik.

Pada beberapa orang, memakai pakaian berbahan ini bisa memicu alergi maupun iritasi. Meskipun tekstur pakaian ini cenderung halus dan lembut, namun ada banyak pertimbangan sebelum mulai  memilihnya. Dianjurkan untuk memakai pakaian berbahan ini di ruang ber-AC atau ruang tertutup.

Setelah tahu keunggulan maupun kelemahannya di atas, maka sebelum memilih kain untuk pakaian, bisa kembali mempertimbangkan pilihan kain ini. Perlu diketahui bahwa baik polyester maupun kain lain memiliki karakter masing-masing. Maka kenali dulu jenis kain sebelum mulai memilih bahan yang tepat.

Penggunaan Kain Polyester

Penggunaan Kain Polyester

Kain ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1941. Hingga kini, jenis kain ini masih populer sebagai material pembuatan pakaian. Dari masa ke masa, polyster sudah jadi bahan baku untuk industri tekstil dunia.

Kain ini pun menjadi pilihan banyak orang untuk bisa membuat pakaian berbahan polyester yang harganya ekonomis. Tak heran jika pembuatan pakaian seragam maupun pakaian komunitas banyak yang memilih bahan ini. Alasannya utamanya ialah lebih ekonomis.

Pemakaian benang PE untuk kain ini menjadi solusi untuk pakaian yang memiliki banyak kelebihan. Terlebih dengan berbagai keunggulan di atas, makin membuat bahan polyester jadi pilihan di industri garment atau konveksi untuk memproduksi pakaian yang banyak diminati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?