0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Penggunaan Kain Drill Untuk Kemeja

Bahan kain drill adalah salah satu jenis bahan yang dipakai dalam konveksi. Kain ini sendiri merupakan jenis kain yang dipintal dengan tekstur yang miring ataupun diagonal. Serat kain memiliki jalinan benang yang kuat. Karenanya, pemakaiannya banyak diaplikasikan untuk kemeja. Banyak pula yang memakainya sebagai seragam kerja atau seragam komunitas dengan segala kelebihan yang dimiliki.

Karakter Bahan Kain Drill

Kain drill banyak yang dibuat dari bahan katun. Namun ada juga yang dibuat dari bahan polyster. Karakter kain yang dimiliki memungkinkannya untuk menjadi kain untuk kemeja resmi atau pakaian kerja. Berikut ini beberapa karakteristik bahan atau kain ini :

  • Ketebalan kain beragam namun ringan => Dengan sifat kain ini, maka pemakaiannya cukup luas, meliputi kemeja, jaket safari, hingga blus. Bahkan ada yang memakainya untuk pakaian olahraga.
  • Bisa untuk pakaian kerja => Untuk fungsi kain yang satu ini, maka sifat kain yang diandalkan ialah yang bahannya tebal. Dengan karakter ini, maka kain bisa dipakai untuk korset atau seragam.
  • Cenderung berwarna kaki => Warna ini mirip dengan warna debu. Dulu, kain ini dipakai sebagai pakaian tentara. Namun saat ini banyak dipakai sebagai pakaian kerja dan seragam.

Itulah sifat karakter dari kain ini. Untuk pemakaiannya sebagai bahan pakaian kemeja, maka sering kali dilengkapi dengan saku, kerah, dan kancing baju.

Fungsi Pakaian Dari Kain Drill

bahan kain drill

Ada perbedaan ketebalan kain drill di pasaran. Ada yang tebal, ada yang tipis. Semua itu dimanfaatkan untuk jenis pakaian yang berbeda. Kain yang tebal, banyak dipakai sebagai seragam militer, pakaian koki, hingga pakaian kerja.

Sementara itu, kain yang cenderung tipis banyak dipakai untuk pembuatan pakaian olahraga. Inilah yang membuatnya fleksibel sebagai bahan pakaian yang selama ini banyak digunakan orang. Tak heran jika di konveksi-konveksi, ditemukan banyak pemesanan pakaian dari kain ini karena fungsinya yang luas tersebut.

Selain itu, pemakaian bahna ini juga luas. Untuk seragam perusahaan maupun seragam kerja sangat direkomendasikan. Beragam jenis kain dan juga harga pun bervariasi. Jadi, pembuatan pakaian bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau komunitas yang ingin membuat baju dari bahan ini.

Jenis-Jenis Kain Drill

bahan kain drill

Meskipun memiliki ketebalan yang beragam, namun kain drill tetap nyaman dipakai. Berdasarkan besar kecilnya serat, kain ini dibagi ke dalam 3 jenis kain. Berikut ini jenis-jenis kain ini :

  • Kain twist drill atau kain drill dengan serat kecil => karakter kain ini ialah water repellent. Maksudnya, air tidak akan mudah menembus kain. Penggunannya ialah untuk jaket almamater dengan zipper.
  • Kain american drill atau kain drill dengan serat sedang => Karakter kain ini ialah lebih lembut dari bahan katun atau polyester.
  • Kain japan drill atau kain drill dengan serat besar => Jenis drill ini ialah yang paling populer. Terutama ialah untuk pembuatan seragam lapangan dengan karakter kain yang lebih kuat dan tebal.

Jadi, sebelum membuat kemeja dengan bahan drill, pastikan dan tentukan dulu jenis drill yang akan dipakai. Hal ini akan turut mempengaruhi kenyamanan pemakainya serta harga bahan sendiri.

Hasil dari pembuatan pakaian dari bahan ini bisa memiliki kesan formal. Terlebih dengan penambahan kancing, zipper atau saku, maka penampilan bisa lebih rapi. Kain ini juga memiliki kelebihan berupa ketahanannya akan cuaca. Jadi, warna tidak mudah luntur dan lebih tahan lama.

One Response to “Penggunaan Kain Drill Untuk Kemeja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?