0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Mengenal Kain Katun Jenis Karded Sebagai Bahan Kaos Polos

Katun karded adalah salah satu bahan umum dipakai dalam pembuatan kaos polos di konveksi baju dan pakaian. Jenis bahan Kain untuk kaos ini sendiri merupakan kain yang dibuat dengan cara dirajut dari benang-benang yang masih mengandung serat kapas pendek-pendek. Nama carded diambil dari nama mesin pemintalan, yakni “mesin carding”.

Kain ini banyak dipakai karena harganya lebih ekonomis akan tetapi dengan serat yang kurang halus. Meskipun demikian, bahan ini terbuat dari 100% kapas, dengan kualitasnya yang “kurang maksimal” lantaran adanya permukaan kain yang cenderung berbulu.

Jenis-Jenis dan Ketebalan dari Katun Karded

jenis dan ketebalan katun karded

Kain canded bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis. Perbedaan ini bisa dilihat dari kerapatan rajutan benang dan juga ketebalannya. Berikut ini jenis jenis kain carded yang paling umum ditemui :

  • Kain karded 20s => Kain ini memiliki rajutan jenis single knit. Kain ini merupakan jenis karded yang paling tebal.
  • Kain karded 24s => Sama seperti Kain karded 20s, jenis 24s juga memakai single knit. Karena ketebalanya sedang, maka kain karded 24s banyak dipakai untuk bahan kaos di konveksi.
  • Kain karded 30s => Untuk benang 30s ini khusus dipakai jika ketebalan kaos rata-rata 140 sampai 160 gr/ meter persegi pada rajutan single knit.
  • Kain karded 40s => Benang 40s untuk kain karded ini khusus dipakai untuk ketebalan atau gramasi kain 110 hingga 120 gr/ meter persegi. Jadi jenis kain karded ini adalah  yang paling tipis dari yang lainnya.

Itulah beberapa jenis kain karded untuk pembuatan kaos. Bahan benang yang dari katun atau kapas asli membuat pakaian ini tetap nyaman dipakai. Di konveksi, pembuatan kaos dari bahan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, pemesanan bisa berdasarkan dari sisi budget sampai kenyamanan yang diinginkan.

Bagaimana Karakteristik Kain Katun Karded

karakteristik kain karded

Sebagai kain yang banyak dipakai sebagai bahan kaos, kain ini memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa karakter kain ini ialah :

  • 100% katun => Kain carded merupakan jenis kain dari katun atau kapas. Harganya yang hemat membuat kaos dari kain ini banyak dipesan di konveksi-konveksi untuk beragam kebutuhan.
  • Memiliki ketebalan berbeda => Seperti halnya kain combed, kain karded juga dibedakan berdasarkan ketebalnnya, yaitu 20s, 24s, 30s, dan 30s.
  • Sifat kain kurang lentur => Jenis rajutan benang ialah single dengan jarum tunggal yang membuat kain ini lebih rapat dan kurang lentur.
  • Lebih murah dari katun kombed => Meski sama-sama dari benang katun, namun harga kain karded lebih murah. Hal ini karena proses pembuatannya yang tak serumit kain kombed.
  • Permukaan kurang halus => Dengan masih adanya bulu-bulu dari bekas benang-benang pendek di permukaan kain, maka menjadikan kain ini kurang halus. Akan tetapi baju ini tetap bisa dipakai sebagai kaos untuk kegiatan olahraga dan aktivitas outdoor.

Selain memilki karakter di atas, kain karded ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya ialah kain kombed bisa menyusut ketika dicuci. Selain itu, kain ini juga memiliki kualitas yang kurang memuaskan untuk kaos.

Meski demikian, kaos dengan bahan dasar katun karded bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Selain untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari, bisa pula dipakai sebagai souvenir. Pemesanan kaos dari kain ini juga bisa dipakai sebagai merchandise dan media kaos promosi perusahaan  yang lebih hemat. Pembuatan kaos juag bisa disertai sablon untuk memaksimalkan fungsi kaos ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?