0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

4 Jenis Jas Beserta Sejarah Perkembangannya

Bagi Anda yang sering datang ke acara-acara formal, tentu Anda sudah mengetahui apa itu jas, yang selalu diidentikan sebagai satu dari sekian jenis pakaian untuk pria. Selain itu, pakaian yang satu ini memiliki cukup banyak variasi model dan gaya.

Apa Itu Jas dan Bagaimana Sejarah Perkembangannya?

sejarah jas

Sebelum membicarakan sejarah perkembangannya, ada baiknya Anda mengetahui apa itu jas dan seperti apa pakaian tersebut. Jas itu sendiri merupaan salah satu pakaian resmi atau formal yang banyak digunakan oleh orang-orang Eropa pada masanya. 

Biasanya, jas itu sendiri memiliki lengan panjang serta dipakai sebagai outer (baju luar) setelah menggunakan kemeja.

Diperkirakan awal mula adanya jas berasal dari masa Renaissance (awal abad ke-18) yang bentuknya sendiri seperti rompi. Pakaian tersebut kebanyakan digunakan oleh orang-orang yang berasal dari kelas pekerja. Kebanyakan pengguna pakaian tersebut adalah orang-orang yang bekerja di bidang pertanian dan juga pagawai kantoran di perkotaan.

1. Tahun 1800-an

Jas Launs merupakan salah satu model jas yang sangat populer di tahun 1800-an. Model dari jas yang satu ini lebih ketat dengan menggunakan kancing sebaris atau single breasted. Tak hanya itu, model Jas Launs itu sendiri pun menyediakan kancing dikedua ujung lengan. Juga, terdapat saku atau kantong pada bagian pinggangnya.

Model jas yang satu ini akhirnya sangat populer, terutama bagi kalangan menengah ke atas.

2. Tahun 1900-an

Pakaian formal yang satu ini pun selalu mengalami perkembangan, baik itu melalui desain atau juga modelnya. Misalnya, perkembangan sejarah jas sekitar tahun 1900-an ini adalah ditandai dengan adanya tiga kancing. Pada masa itu, jas model tiga kancing tersebut dianggap lebih terlihat modis jika dibandingkan dengan Jas Launs.

Salah satu model jas yang satu ini adalah dengan kerah yang umumnya dibuat dari bahan kain sutera. Pakaian jas yang satu ini akhirnya dikenal dengan sebutan tuxedo atau jas makan malam. Selain tuxedo, jas ini pun dikenal dengan istilah black tie.

3. Tahun 2000-an

Seiring berjalannya waktu, keberadaan jas yang awalnya identik dengan pakaian yang digunakan oleh pria kini sudah mengalami perkembangan. Pada zaman sekarang, jas tidak hanya dipakai oleh pria melainkan juga wanita.

Jenis-Jenis Jas

jenis jas

Setelah mengetahui apa itu jas dan bagaimana perkembangan sejarahnya dari tahun ke tahun, hal yang mesti Anda ketahui adalah beberapa model jas.

1. Tuxedo atau Tuksedo

Jas yang satu ini adalah jas yang cenderung sangat formal. Maka dari itu, tuksedo sering digunakan pada acara-acara tertentu. Tak jarang pula jenis jas tuksedo ini juga dikenakan oleh artis atau seleberitis ketika mendatangi berbagai acara pentingnya.

2. Zoot Suit

Zoot Zuit merupakan salah satu jenis jas yang cukup unik karena memiliki ukuran yang besar dan lebar ketika dikenakan oleh penggunanya.

Ciri khas dari jenis jas Zoot Suit ini adalah ukuran pundaknya yang sangat lebar jika dibandingkan dengan jas konvensional lainnya. Selain itu, jenis jas tersebut biasanya menggunakan padding. Zoot Suit sangat populer digunakan oleh orang-orang Latin.

3. Suit Jacket Button

Suit jacket button ini merupakan jenis jas yang memiliki model yang umum dan menonjol pada bagian kancingnya. Jas tersebut terbagi ke dalam beberapa jenis lagi, di antaranya:

  • Singel Breasted (satu kancing)
  • Double Breasted (dua kancing)
  • Trippel Breasted (tiga kancing)

4. Mandarin Suit

Jas yang satu ini memiliki model ala-ala pakaian mandarin. Jas tersebut dilengkapi dengan kerah nehru (kerah band), umumnya dikenakan dengan kancing penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?