0857-4321-0235 info@spiritgarment.com

Jas Almamater Sebagai Pakaian Identitas Lembaga Pendidikan

Bagi seorang mahasiswa, pasti sudah tak asing lagi tentang apa itu jas almamater sebagai pakaian khas kampusnya sendiri. Jas alamamater merupakan pakaian penting para mahasiswa yang kuliah di sebuah perguruan tinggi atau universitas. Bukan hanya itu, tiap kampus pun memiliki desain jas yang berbeda dengan kampus lainnya.

Seperti apa Jas Almamater untuk Mahasiswa?

apa itu jas almamater

Lalu apa itu almamater yang sebenarnya? Almamater dalah salah satu jenis pakaian formal berbentuk jas yang dikhususkan dipakai oleh siswa atau mahasiswa sebagai bentuk identitas lembaga pendidikan

Pada umumnya, siswa ataupun mahasiswa di Indonesia mengenakan jas almamater untuk menunjukan di mana mereka bersekolah, baik sekolah negeri atau pun sekolah swasta. Karena pada dasarnya, tiap sekolah atau pun perguruan tinggi memiliki desain jas yang berbeda-beda..

Biasanya, desain jas pun cenderung sama. Selain itu, penentuan  bahan, warna, hingga desain seragam itu sendiri tergantung pada aturan berbusana di masing-masing sekolah atau perguruan tinggi. Tiap lembaga menonjolkan jas almamaternya dengan satu warna yang menjadi ciri khasnya tersendiri.

Baca Juga: Apa itu Jas???

Bahan yang Sering Digunakan dalam Jas atau Almamater

bahan jas almamater

Tidak hanya di info kampus perguruan tinggi, jas juga rupanya juga digunakan sebagai bagian dari seragam sekolah di beberapa sekolah menengah. Baik itu di sekolah negeri maupun swasta.

Setelah Anda tahu apa itu jas secara umum. Anda pun harus tahu bahan kain jenis apa yang biasa digunakan untuk pembuatan pakaian seragam formal yang satu ini. Berikut adalah beberapa bahan atau material kain yang digunakan untuk membuat almamater:

1. American Drill (AM1919)

Bahan pertama yang umumnya dipakai untuk  pembuatan jas adalah American Drill, yang dikenal dengan kode AM1919. Hal yang menjadi pertimbangan bahan tersebut sering digunakan untuk almamater di antaranya:

Karakter Kain => bahan ini cukup memiliki karakter kaku, namun tidak berlebihan juga tida terlalu lembek atau licin. Sehingga, bahan ini mudah untuk dijahit. Di sisi lain bahan AM1919 juga lembut dan lentur sehingga membuat bahan tersebut cukup ideal dalam pembuatan jas.

2. Nagata Drill

Bahan lainnya yang sering digunakan sebagai bahan jas almamater adalah  Nagata Drill. Jenis yang satu ini levelnya selangkah di atas bahan American Drill AM1919. Sehingga kualitas dari kain ini dinilai lebih baik.

Kain Nagata Drill memiliki karakter dengan adanya gurat atau serat drill diagonal yang terkesan lebih besar, lebih jarang, sehingga membuat seolah-olah kain memiliki tekstur yang elegan dan berkelas.

3. Japan Drill Original

Japan Drill Original juga termasuk ke dalam salah satu bahan kain yang paling banyak digunakan untuk pembuatan jas almamater.  Bahan ini dikenal sebagai bahan yang paling tinggi levelnya di kelas drill.

Kualitas dari bahan Japan Drill Original memiliki ketebalan optimal, kelenturan, serta kelembuatan yang pas. Bahan kain yang satu ini biasanya digunakan untuk pilihan jas atau almamater yang memiliki spek harga yang relatif tinggi.

Namun, tentu saja masih banyak pilihan bahan lainnya yang bisa dijadikan referensi untuk pembuatan bahan jas almamater, di antaranya ada serat drill, serat tropical, atau juga ada jenis twist.

Memilih desain Jas yang cocok dengan aktifitas kita

pilih jas almamater

Memang desain itu cenderung memiliki kesamaan. Namun, ada beberapa komponen yang dapat menjadi ciri khas lembaga tertentu untuk membedakan jas almamaternya. Misalnya dari logo, warna jas, kancing serta bahan yang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan jas untuk almamater:

  • Kualitas Bahan
  • Jahitan
  • Ukuran
  • Desain
  • Warna Jas

Comments are closed.