0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Tata Letak Sablon Pada Konveksi Kaos

Dalam pembuatan kaos, terdapat beragam area sablon pada kaos yang dibuat. Dalam hal ini, gambar sablon tidak dicetak di satu tempat dan biasanya terdapat beberapa tempat untuk menempelkan gambar pada kaos yang akan dibuat. Format gambar (sablon) pada kaos ini merupakan merupakan hal yang mesti diperhatikan supaya hasil desain kaos pun menarik.

Area sablon merupakan tempat di mana desain atau gambar ditempelkan atau disisipkan pada kaos sesuai dengan teknik dan jenis sablon yang dipilih. Jadi sebetulnya di mana saja area sablon kaos dapat dilakukan?

1. Area Sablon Full Front

full front sablon

Full fron sablon merupakan salah satu area sablon pada kaos yang sangat umum digunakan. Pada desain kaos yang satu ini gambar di letakkan di bagian depan baju dengan penuh (keseluruhan). Biasanya, desain atau gambar sablonannya pun memiliki ukuran yang hampir menutupi semua bagian depan kaos tersebut, yakni sekitar 12″ x 16″.

2. Area Sablon Full Back

Jika full front merupakan tata letak penyablonan kaos di bagian depan, maka full back diletakkan di belakang. Sama halnya dengan full front, area sablon yang satu ini juga dilakukan dengan keseluruhan dan hampir ke seluruh permukaan kaos, khususnya pada bagian belakangnya. Ukurannya pun sama, yakni sekitar 12″ x 16″.

3. Area Sablon Sleeve

Area selanjutnya untuk tataletak penyablonan pada kaos adalah sleeve. Di mana letak penyablonan berada di bagian lengan (di samping). Penyablonan di bagian samping memang jarang dilakukan. Umumnya, lebih banyak orang menyukai desain serta gambar pada bagian depan (full front) dan belakang (full back).

Ukuran sablon sleeve kaos lengan panjang adalah sekitar 3.25″ x 16″. Sementara untuk kaos lengan pendek sekitar 3.25″ x 4″.

4. Area Sablon Left Chest

area sablon left chest

Tata letak penyablonan selanjutnya adalah left chest. Seperti namanya, gambar sablon untuk kaosnya diletakkan di sebelah kiri bagian dada. Biasanya, gambar sablon yang disisipkan di tempat tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, yaitu sekitar 4″ x 4″.

Gambar sablon pada left chest area ini biasanya berupa logo. Baik itu logo lembaga, barand, atau pun memang murni bagian dari gambar yang menghiasi kaos yang dikenakan.

5. Area Sablon Alternate

area sablon alternate

Tata letak penyablonan selanjutnya adalah alternate. Penempatan gambar yang disablon pada kaos berada di bagian bawah sebelah samping kiri maupun kanan. Kaos yang diberi gambar pada bagian sana biasanya berupa variasi atau gambar-gambar tertentu yang ukurannya sekitar 4″ x 4″. Akan tetapi, ukuran penyablonan tersebut tidak terpatok harus seperti itu.

6. Area Sablon Yoke

area sablon yoke

Tata letak penyetakan desain atau gambar pada kaos selanjutnya adalah yoke. Pada tata letak yoke ini, gambar akan disisipkan di bagian tepi atas bagian belakang baju. Ukurannya cukup kecil, yakni sekitar 4″ x 4″.

Banyak sekali desain t-shirt yang menggunakan penyablonan pada area tersebut. Biasanya, gambar yang disispkan di sana kebanyakan adalah logo atau merk kaos.

Terdapat lima tempat atau tata letak penyablonan yang sering digunakan dalam pembuatan desain kaos.  Di antaranya adalah full front (pada bagian depan), full back (pada bagian belakang), sleeve (pada bagian lengan samping), left chest (pada bagian dada kiri), dan yoke (pada bagian tepi atas belakang).

Spirit Garment merupakan salah satu jasa konveksi baju yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa pembuatan kaos. Anda dapat mengunjungi laman web www.spiritgarment.com untuk melihat review aneka pakaian yang diproduksi di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?