0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

3 Jenis Pakaian yang Sering Dikenakan pada Acara Formal

Saat bekerja, Anda pasti  ingin memberi kesan profesional pada penampilan, salah satunya dengan menggunakan pakaian formal dan jenisnya. Untuk menunjang hal tersebut, Anda pun arus bisa menyesuaikan busana dengan lingkungan kerja. Gaya formal memberi kesan berwibawa apabila dilihat dari ciri khas fashion item seperti kemeja beserta pakaian lainnya jika disandingkan bersama beberapa busana lain.

Apa Itu Pakaian Formal?

pengertian pakaian formal

Sebetulnya, apa yang dimaksud denga pakaian yang formal dan jenisnya itu? Barangkali di antara  anda sekalian masih belum mengerti apa yang disebut dengan pakaian formal. Mungkin juga masih belum bisa membedakan dengan pakaian semi formal.

Pakaian formal merupakan pakaian yang digunakan untuk aktivitas atau kegiatan yang resmi. Misalnya, pada saat bekerja, meeting dengan kolega, dan yang lainnya. Biasanya antara satu jenis pakaian formal akan dipadupadankan dengan pakaian formal lainnya.

Sementara pakaian semi formal merupakan pakaian yang resmi dengan sentuhan santai. Pakaian semi formal untuk pria biasanya adalah celana panjang dengan paduan kemeja berlengan pendek. Atau bisa juga kemeja yang digunakan tidak dipadupadankan dengan pakaian formal lainnya.

Beberapa Jenis Pakaian Formal

jenis pakaian formal

Sangat penting bagi Anda mengetahui apa itu pakaian formal dan jenisnya itu sendiri. Karena pakain formal biasanya digunakan untuk kehidupan sehari-hari, terutama saat Anda pergi bekerja. Lalu apa saja yang termasuk pakaian formal?

Berkut ini adalah beberapa pakaian formal dan jenisnya yang sering digunakan orang pada umumnya:

1. Pakaian Formal Kemeja

Kemeja merupakan salah satu jenis pakaian formal. Kemeja sendiri adalah pakaian atas yang menutupi bagian lengan, dada, bahu, memiliki kerah, serta menutupi tubuh hingga pada bagian perut.

Pakaian jenis ini biasanya dibuat berdasarkan selera orang yang mengenakannya. Terkadang, kemeja juga dapat dibuat berlengan panjang maupun berlengan pendek. Namun, kemeja formal umumnya berlengan panjang.

Kemeja fromal itu sendiri terbagi atas beberapa jenis lagi, di antaranya:

  • Dress Shirt => Yaitu kemeja dengan kerah formal yang agak kaku. Pada umumnya,  bukaan pakaian formal yang satu ini penuh dari bawah hingga kerah dan mengunakan kancing dan lengan dengan manset.
  • Dinner Shirt => Merupakan kemeja khusus dibuat untuk dikenakan dengan pakaian malam laki-laki. Misalnya, dengan dasi hitam atau dasi putih. Selain itu,  dinner shirt ini adalah tipikal outfit yang digunakan pada saat momen yang tepat, misalnya ke pesta dansa.
  • Winchester Shirt => sebuah baju kemeja bergaris atau berwarna namun dengan kerah putih dan disertai manset. Kemeja ini biasanya digunakan pegawai kantoran karena kesan rapih namun tetap dinamis.

2. Pakaian Formal Jas

Pakaian formal dan jenisnya yang lain adalah jas. Pakaian yang satu ini sering disandingkan penggunaannya dengan kemeja supaya tampak resmi.

Berikut ini adalah beberapa macam jenis jas:

  • Tuxedo atau Tuksedo => Tuksedo sering digunakan pada acara-acara tertentu, bahkan digunakan oleh para seleberitis ketika mendatangi berbagai acara pentingnya.
  • Zoot Suit => Zoot Zuit merupakan salah satu jenis jas yang cukup unik karena memiliki ukuran yang besar dan lebar ketika dikenakan oleh penggunanya.
  • Suit Jacket Button => Suit jacket button ini merupakan jenis jas yang memiliki model yang umum dan menonjol pada bagian kancingnya. 
  • Mandarin Suit => Mandarin Suit dilengkapi dengan kerah nehru (kerah band), umumnya dikenakan dengan kancing penuh.

3. Pakaian Fromal Rompi

Pakain formal lainnya adalah rompi. Biasnaya, rompi ini sering digunakan sebagai pakain luar setelah penggunaan kemeja. Anda dapat terlihat semakin formal jika mengenakan rompi disandingkan lagi dengan jas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?