0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Beberapa Jenis dan Model Topi yang Sering Digunakan

Seperti halnya pakaian lain, jenis topi pun berbeda-beda meskipun penggunaan benda yang satu itu terkadang terlewatkan. Namun, karena benda tersbeut merupakan bagian dari fashion, maka modelnya pun bermacam-macam. Bahkan, meskipun satu model topi nyaris sama dengan model topi yang lainnya penyebutannya pun berbeda.

Fungsi dan Penggunaan Topi dalam Kehidupan Sehari-hari

jenis topi untuk fashion

Dulu, topi merupakan benda yang digunakan untuk menutupi kepala dengan tujuan terhindar dari gangguan cuaca, seperti panas, angin, dan yang lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu sejarah topi pun berubah. Banyaknya model serta jenis topi yang diciptakan menunjukan bahwa topi memang memiliki fungsi lain. Lalu, apa saja fungsi dan penggunaan topi dalam kehidupan sehari-hari?

1. Sebagai Seragam

Topi digunakan sebagai seragam. Seragam di sini adalah topi dengan model yang sama digunakan oleh beberapa orang tertentu sebagai pakaian yang digunakan secara bersamaan. Misalnya, topi sekolah, topi pemain baseball, topi tentara, dan yang lainnya.

2. Sebagai Pelindung Kondisi Cuaca

Selain sebagai seragam, biasanya topi pun digunakan dalam kondisi cuaca tertentu. Misalnya, Anda dapat menggunakan topi pantai untuk melindungi mata dan kulit wajah dari paparan sinar matahari.

3. Sebagai Penunjang Penampilan

Penggunaan topi selanjutnya adalah untuk menunjang penampilan. Sudah banyak model topi yang diciptakan dengan berbagai gaya, warna, dan model untuk dapat memperindah penampilan seseorang.

Berbagai Macam Jenis Topi

jenis topi

Seperti yang telah diketahu bahwa banyak sekali jenis topi yang dibuat sesuai dengan penggunaannya, selain itu banyak konveksi topi yang memproduksinya. Berikut ini adalah beberapa jenis topi:

1. Fedora

Awalnya, fedora merupakan topi yang digunakan oleh para ganster pada masanya. Karena hal terseut, orang yang mengenakan jenis topi yang satu ini akan terlihat seperti seorang pemberontak. Kemudian, popularitas topi yang satu ini pun memuncak sekitar tahun 1920 hingga 1950-an. Namun, akhirnya fedora menjadi salah satu aksesoris sehari-hari para pria di Amerika, terutama pada masa pemerintahan John F. Kennedy.

2. Baseball Cap (Topi Baseball)

Topi jenis ini merupakan yang paling populer digunakan, baik itu untuk pria maupun wanita. Topi yang satu ini memiliki ciri khas dengan bagian penutup kepalanya (crown) yang membulat. Selain itu, baseball cap ini memiliki lidah yang disebut brim pada bagian depannya.

3. Snapback

Snapback adalah salah satu jenis topi yang bentuknya nyaris sama dengan baseball cap. Hanya saja, lingkar kepala pada topi tersebut lebih besar, brim-nya pun datar, dan dibelakangnya terdapat gesper yang dapat mengatur lingkarnya.

4. Driving Cap

Menurut sejarahnya, driving cap merupakan topi yang berasal dari Italia selatan, Inggris utara, dan bagian dari Skotlandia. Topi yang satu pada umumnya dibuat dari bahan wol, tweed, ataupun katun. Namun, seiring berjalannya waktu jdriving cap pun terbuat dari bahan yang cukup beragam. Misalnya, dari bahan kulit, linen, atau corduroy.

5. Kupluk

Kupluk merupakan salah satu jenis topi yang jika dilihat dari bentuknya hanya dapat melingkari kepala secara penuh. Topi yang satu ini tidak memiliki tepi dan brim (lidah), di mana fungsi utamanya yaitu untuk menghalau cuaca dingin.

Kupluk juga dikenal dengan sebutan beanie atau knit cap atau knit hat (tergantung tempatnya).

6. Cowboy Hat (Topi Koboy)

Topi koboy ini memiliki bentuk yang nyaris menyeruoai fedora, hanya saja memiliki brim yang ukurannya jeuh lebih lebar. Disebut topi koboy karena sering digunakan oleh para koboy di Amerika pada masanya.

7. Baret

Baret memiliki bentuk crown yang cenderung mengembung. Biasanya topi jenis ini digunakan oleh tentara ataupun anggota pramuka. Baret juga sering diidentikan dengan seniman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?