0896 4881 1574 info@spiritgarment.com

Tips dan Cara Mencuci Hingga Menyetrika Kaos Kesayangan

Cara merawat kaos adalah informasi yang penting bagi siapa saja. Karena hanya dengan cara inilah anda bisa memakai kaos kesayangan lebih lama lagi. Khususnya dalam hal mencuci dan menyetrika, butuh tips dan trik khusus agar kain dan sablon kaos tidak cepat rusak.

Cara Merawat Kaos dan Mencucinya

cara merawat kaos dan mencucinya

Bagi yang ingin kaosnya lebih awet, maka haus mengetahui trik mencuci yang benar. Pasalnya, jika diperlakukan dengan tidak benar, maka kaos bisa cepat rusak. Contohnya ialah warna pudar, sablon pudar, dan juga kaos bisa robek.

Inilah trik khusus saat mencuci berbagai jenis kaos yang benar :

  • Pisahkan dulu cucian => Langkah ini dilakukan untuk menghindari baju rusak karena terkena warna yang luntur. Jadi, pisahkan pakaian berdasarkan warna yang kuat. Misal warna hitam dan merah harus dipisahkan dengan warna putih. Pisahkan juga pakaian yang sangat kotor karena bisa membuat pakaian lain tidak bersih maksimal.
  • Jangan pakai sikat => Tips ini penting untuk membuat kaos tidak mudah sobek dan kusut. Kaos banyak yang memakai bahan katun yang halus, jadi cukup kucek saja kaos untuk menghilangkan noda. Cara ini juga bisa menjaga kualitas sablon pada kaos agar awet.
  • Jangan direndam terlalu lama => Cukup rendam kaos selama 30 menit saja untuk menanggalkan kotoran. Kalau terlalu lama, sablon kaos bisa rusak akibat detergen.
  • Jangan pakai pemutih => Bahan kimia ini sebisa mungkin jangan dipakai ketika mencuci kaos kesayangan. Detergen yang mengandung pemutih pun sebaiknya dihindari. Pemakaiannya bisa membuat warna kaos pudar serta sablon terkelupas. Kaos juga bisa cepat tipis akibat pemutih ini.
  • Usahakan mencuci dengan tangan => Mesin cuci bisa lebih cepat merusak pakaian karena membuatnya melar. Mencuci dengan mesin juga membuat sablon rusak dan memperbesar pori-pori kaos.
  • Jemur dengan cara terbalik => Menjemur dengan cara ini bisa membuat kaos tidak cepat untur warnanya. Saat menjemur, bagian kaos dalamnya ada di luar. Cara ini juga membuat sablon kaos terlindungi dari sengatan matahari langsung.
  • Jangan digantung => cara menjemur dengan menggantung ternyata bisa membuat kaos melar. Hal ini dikarenakan beban air pada kaos yang masih basah bisa menarik bagian leher kaos. Hindari juga tali untuk jemuran karena bisa merusak tekstur kaos.

Cara Menyetrika Kaos Kesayangan

cara menyetrika kaos

Agar kaos kesayangan tetap awet, maka perhatikan pula cara menyetrikanya. Kaos sebaiknya disetrika dengan cara terbalik. Maksudnya, hanya bagian dalam saja yang disetrika dan terkena panas.

Kenapa harus begitu? Tujuannya ialah untuk menghindari sablon terkena panas setrika karena bisa membuatnya cepat rusak. Selanjutnya, lipat kaos dengan rapi. Kalau tidak, maka kaos bisa kusut kembali. ketika menyimpannya pun harus rapi.

Menyimpan pakaian atau kaos sembangan bisa membuatnya kusut dan merusak tekstur kain. Simpan di tempat yang kering dan juga tidak lembab untuk membuat kain kaos lebih awet.

Tips lain untuk merawat kaos kesayangan ialah, segeralah mencuci kaos jika terkena noda. Terlalu lama membiarkan kaos terkena noda maka akan semakin susah menghilangkannya. Gunakan detergen tanpa pemutih ketika mencuci. Oleskan khusus pada bagian yang terkena noda. Setelah itu, kucek dengan lembut.

Itulah cara merawat kaos agar awet dan tahan lama. Khususnya untuk membuat sablon tetap awet karena tanpa cara merawat yang benar bagian sablon bisa mengelupas. Pori-pori dan teksturnya pun bisa rusak dan membuat kaos tak bisa bertahan lama.

3 Responses to “Tips dan Cara Mencuci Hingga Menyetrika Kaos Kesayangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Selamat datang,
Ada yang bisa kami bantu?